Minggu, 03 Februari 2013

Metode pembelajaran kelompok


Metode Pembelajaran kelompok
Belajar merupakan kunci sukses untuk mengapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi muda dengan wawasan ilmu pengetahuan yg luas yang berguna bagi bangsa Negara dan agama. Dalam belajar kita harus mempunyai metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan agar tidak membosankan. Metode pembelajaran dengan pembagian kelompok merupakan salah satu metode yang efektif.
Metode pembelajaran dengan pembagian kelompok, dimana para siswa bekerja secara kelompok dan mengurangi peran guru yang terkadang terlalu dominan dalam mengajar. Dalam metode pembelajaran dengan cara pembagian kelompok siswa dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa yang ada dikelas dicara ini diharapkan siswa dapat menjadi lebih kreatif dan aktif. Metode pembelajaran ini melibatkan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat atau memecahkan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka.
 Pembelajaran menggunakan metode ini merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif. Interaktif adalah. Metode pembelajaran dengan pembagian kelompok dapat meningkatkan siswa dalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah dan meningkatkan rasa kebersamaan diantara siswa. Metode ini sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan pertanyaan yang tidak diketahuinya.
Metode ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam keterampilan proses kelompok. Umumnya guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggota 4 sampai 6 siswa. Pembagian kelompok dapat juga didasarkan atas kesenangan berteman. Siswa memilih topic yang ingin dipelajari, mengikuti penyelidikan terhadap berbagai topic yg telah dipilhh, kemudian menyiapkan dan menyajikan suatu laporan didepan kelas.
Belajar kelompok memberikan banyak manfaat bagi kita semua dengan menerapkan belajar bersama atau kelompok, nantinya akan bisa saling sharing dengan teman teman yang lain mengenai pokok pokok  materi pembelajaran  yang munkin sulit untuk di pecahkan atau dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar